Jumat, 09 Desember 2011

Macam - Macam gangguan haid


BAB   I
PENDAHULUAN
A.   LATAR BELAKANG
Perempuan dapat memiliki berbagai masalah dengan menstruasi/haid mereka. Masalah tersebut dapat berupa tidak mengalami menstruasi sama sekali sampai menstruasi berat dan berkepanjangan.Pola haid boleh saja tidak teratur, tetapi jika jarak antar menstruasi kurang dari 21 hari atau lebih dari 3 bulan, atau jika haid berlangsung lebih dari 10 hari maka Anda harus mewaspadai adanya masalah ovulasi atau kondisi medis lainnya.
Menstruasi atau  haid adalah perubahan fisiologis dalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala dan di pengaruhi oleh hormone reproduksi.periode ini penting dalam hal reproduksi.pada manusia,hal ini biasanya terjadi setiap bulan antara usia remaja sampai menaupose.selain manusia,periode ini hanya terjadi pada primate-primata besar,sementara binatang – binatang menyusui lainnya mengalami siklus estrus.
Pada wanita siklus mentruasi rata – rata terjadi sekitar 28 hari,walaupun hal ini berlaku umum,tetapi tidak semua wanita memiliki siklus menstruasi yang sama,terkadang siklus terjadi setiap 21 hari hingga 30 hari.biasanya,menstruasi rata – rata terjadi 5 hari,terkadang menstruasi bias terjadi sekitar 2 – 7 hari.umumnya darah yang keluar akibat menstruasi adalah 10 ml hingga 80 ml per hari tetapi biasanya dengan rata-rata 35 ml/harinya.
Siklus haid normal dapat di pahami dengan mudah dengan membaginya menjadi 3 fase yaitu fase folikuler,saat ovulasi dan fase luteal.perubahan – perubahan kadar hormone sepanjang siklus haid di sebabkan oleh mekanisme umpan balik (feedback)antara hormone asteroid dan hormone gonadothropin.estrogen menyebabkan umpan balik negative terhadap FSH,sedangkan terhadap LH,estrogen menyebabkan umpan balik negative jika kadarnya rendah,dan umpan balik positif jika kadarnya tinggi.tempat terutama umpan balik terhadap hormone gonadothropin ini terjadi pada hipotalamus.tidak lama setelah haid di mulai,pada fase folikular dini,beberapa folikel berkembang yang di sebabkan oleh pengaruh FSH yang meningkat.
Ada banyak factor yang mempengaruhi menarche,diantaranya:
·            Aspek psikologi yang menyatakan bahwa menarche merupakan bagian dari masa pubertas
·            Menarche dan kesuburan,dimana sebagian besar wanita,menarche bukanlah hanya sebagai tanda ovulasi tetapi adanya ovulasi yang teratur menandakan interval yang konsisten dari lamanya mens dan perkiraan waktu datangnya kembali dan mengukur tingkat kesuburan seorang wanita
·            Pengaruh waktu terjadinya menarche,dimana biasanya menarche terjadi dua tahun setelah munculnya payudara,tetapi akhir – akhir ini menarche terjadi pada usia yang lebih muda tergantung dari pertumbuhan individu tersebut.
·            Menarche dan lingkungan  social,dimana dalam beberapa aspek struktur dan fungsi keluarga berperan terhadap kejadian menarche dini.
·            Umur menarche dan status social ekonomi,dimana sesuai hasil penelitian menarche terlambat terjadi pada kelompok social ekonomi sedang sampai tinggi yang memiliki selisih sekitar 12 bulan.karen ajuga sangat berpengaruh tehadap asupan protein ,lebih berpengaruh terhadap kejadian menarche yang lebih awal.

B.   RUMUSAN MASALAH
Pada kenyataannya,tidak semua perempuan memiliki siklus menstruasi yang normal banyak diantara mereka yang siklus menstruasinya tidak teratur,yakni siklusnya tidak memiliki pola tertentu.ada juga yang dalam sebulan mengalami menstruasi lebih dari sekali,dan adapun beberapa ganguan dalam  haid dalam masa reproduksi ialah:
1. kelaianan dalam banyaknya darah dan lamanya pendarahan pada haid:hipermenorhea atau menoragia dan hipomenorhea
2.   kelaianan siklus :polimenorhea,oligomenorhea,amenorhe
3.   Pendarahan di luar haid :metroragia
4.  gangguan lain  yang ada hubungannya dengan haid :premenstrual tension (ketegangan haid),mastodinia mittlelschmerz (rasa nyeri pada ovulasi) dan dismenorhea.



C.   TUJUAN PENULISAN
1     Tujuan umum
Memperoleh gambaran nyata tentang apa yang dimaksud dengan menarche, anatomi dan fisiologi haid, sehingga mempunyai kemampuan untuk mengetahai segala macam ganguan – gangguan menarche serta cara mengobatinya.
2.  Tujuan Khusus
Di samping tujuan umum,makalah ini juga mempunyai tujuan secara khusus,dimana bertujuan lebih kepada mahasiswi untuk:
a.    Dapat mengetahui anatatomi dan fisiologi menarche sebagi langkah awal pengenalan tentang menarche.
b.    Dapat mengetahui tentang patofisiologis yang biasanya terjadi pada wanita yang berhubungan tentang menarche
c.    Dapat  mengetahui factor – factor penyebab ganguan – ganguan pada masa menarche
d.    Dapat mengetahui factor penyebab terjadinya ganguan – ganguan pada masa menarche
e.    Dapat mengetahui factor – factor predisposisi penyebab terjadinya gangguan pada masa menarche
f.     Dapat mengetahui komplikasi – komplikasi yang dapat terjadi akibat dari gangguan menarche.
g.    Dapat mengetahui cara- cara pengobatan atau penanganan gangguan menarche.


BAB II
PEMBAHASAN
A.   Anatomi dan fisiologi menarche
Menarche merupakan pertanda adanya suatu perubahan status social dari anak – anak ke dewasa.yang terjadi pada usia 12 – 15 tahun,yang terus berlanjut samp[ai umur sekitar 45 – 50 tahun.menarche suatu tanda yang penting bagi seorang wanita yang menunjukan adanya produksi hormone yang di buat oleh hipotalamus dan juga di teruskan pada ovarium dan uterus,selama sekitar 2 tahun hormon’’ ini akan merangsang pertumbuhan tanda –tanda seks sekunder seperti payudara,perubahan – perubahan kulit,perubahan siklus,pertumbuhan rambut ketiak dan rambut pubis serta bentuk tubuh menjadi bentuk tubuh wanita ideal.
Gejala yang sering menyertai menarche adalah rasa tidak nyaman di sebabkan karena selama menstruasi volume air di dalam tubuh berkurang.gejala lain yang dirasakan yaitu sakit kepala,pegal di kaki dan di pinggang untuk beberapa jam,kram di perut dan sakit perut.sebelum ini terjadi kadang mengalami beberapa perubahan emosional.perasaan suntuk,marah dan sedih yang di sebabkan oleh adanya perubahan hormone.
Umumnya siklus menstruasi terjadi secara periodic setiap 28 hari yaitu Pada hari 1 sampai hari ke 14 terjadi pertumbuhan dan perkembangan folikel primer yang di rangsang oleh hormone FSH.Pada waktu tersebut,sel oosit primer akan membelah dan menghasilkan ovum haploid.saat folikel berkembang menjadi folikel de graff yang matang,folikel ini meghasilkan hormone estrogen yang merangsang keluarnya LH dari hipofisis.
Estrogen yang keluar berfungsi merangsang perbaikan dinding uterus yaitu endometrium yang habis terkelupas sewaktu menstruasi yang lalu.selain itu estrogen menghambat pembentukan FSH dan memerintahkan hipofisis menghasilkan LH yng berfungsi merangsang folikel de graff yang masak mengadakan ovulasi yang terjadi pada hari ke 14,waktu itu di sebut fase estrus.selain itu,LH juga merangsang folikel yang telah kosong untuk berubeh menjadi badan kuning (corpus luteum)
Badan kuning menghasilkan hormone progesterone yang berfungsi mempertebal lapisan endometrium yang kaya dengan pembuluh darah untuk mempersiapkan datangnya embrio.periode ini di sebut fase luteal,selain itu progesterone juga berfungsi untuk menghambat pembentukan FSH dan LH,akibatnya korpus luteum mengkecil dan menghilang,pembentukan progesterone berhenti sehingga pemberian nutrisi pada endometrium pun terhenti,endometrium menjadi mongering dan selanjutnya terkelupas dan terjadilah menstruasi pada hari ke 28.fase ini di sebut fase menstruasi,oleh karena tidak ada progesterone,maka terjadilah proses oogenesis kembali.

B.   Patofisiologi
Ganguan menstruasi mempunyai banyak factor yang salah satu wanita biasanya mengalami PMS (pra menstruasion sindrom) beberapa teori mengatakan antara lain karena factor hormonal yakni ketidakseimbangan antara hormone estrogen dan progesterone.teori lain mengatakan karena kelebihan hormone estrogen,dan juga ada yang berhubungan dengan gangguan perasaan,kejiwaan,masalah social atau fungsi serotin yang di alami penderita.adapun beberapa ganguan dalam  haid dalam masa reproduksi ialah:
A.    kelainan dalam banyaknya darah dan lamanya pendarahan pada haid:hipermenorhea atau menoragia dan hipomenorhea
·          Menoragia adalah istilah medis untuk perdarahan menstruasi yang berlebihan. Dalam satu siklus menstruasi normal, perempuan rata-rata kehilangan sekitar 30 ml darah selama sekitar 7 hari haid. Bila perdarahan melampaui 7 hari atau terlalu deras (melebihi 80 ml), maka dikategorikan menoragia.
·         Hipomenorhea adalah periode menstruasi yang sangat pendek. hipomenorea disebabkan oleh karena kesuburan endometrium kurang akibat dari kurang gizi,penyakit menahun,gangguan hormonal.





B.     kelainan siklus :polimenorhea, oligomenorhea, amenorhe, bercak di tengah siklus.
·         Polimenorhea adalah siklus dengan interval 21 hari atau kurang karena gangguan fase luteal
·         Oligomenorhea adalah menstruasi yang jarang,periode menstruasi pendek (interval siklus melebihi 35 hari)biasanya di sebabkan memanjangnya fase folikular
·         Amenorrhea  adalah tidak ada menstruasi pada masa produktif. Istilah ini digunakan untuk perempuan yang belum mulai menstruasi setelah usia 15 tahun (amenore primer) dan yang berhenti menstruasi selama 3 bulan, padahal sebelumnya pernah menstruasi (amenore sekunder).
·         Bercak di tengah siklus yaitu bercak yang terjadi sesaat sebelum ovulasi,yang biasanya di sebabkan penurunan estrogen..

C.    pendarahan di luar haid :metroragi
  • Metroragi adalah pendarahan yang tidak teratur dan tidak menurut siklus,pendarahan irregular yang terjadi di antara 2 waktu menstruasi.jika pendarahannya banyak disebut menometrorrrhagia yaitu menstruasi yang banyak dan panjang pada siklus biasa.dan terbagi menjadi 3 yaitu; Pendarahan di antara periode menstruasi,Pendarahan setelah berhubungan seks,Perdarahan setelah menopause.
D.    gangguan lain yang ada hubungannya dengan haid : Dismenorhea, premenstrual tension atau PMS (ketegangan haid), mastodinia Dan mittlelschmerz (rasa nyeri pada ovulasi)
·                  Dismenore adalah menstruasi menyakitkan. Nyeri menstruasi terjadi di perut bagian bawah tetapi dapat menyebar hingga ke punggung bawah dan paha. Nyeri juga bisa disertai kram perut yang parah. Kram tersebut berasal dari kontraksi dalam rahim, yang merupakan bagian normal proses menstruasi, dan biasanya pertama dirasakan ketika mulai perdarahan dan terus berlangsung hingga 32 – 48 jam.dismenorhea terbagi 2 yaitu:
1.      Dismenorhea primer adalah nyeri menstruasi tampa kelainan organ reproduksi murni karena proses kontraksi rahim tampa penyakit dasar sebagai penyebab,
2.      Dismenorhea sekunder adalah nyeri menstruasi yang terjadi karena kelainan ginekologik ,misalnya endometritis,fibroids,yang terjadi pada wanita yang sebelumnya tidak mengalami dismenorhea.
·                  Premenstrual tension atau PMS adalah ketegangan sebelum haid terjadi beberapa hari sebelum haid bahkan sampai menstruasi berlangsung,terjadi karena ketidak seimbangan hormone estrogen dan progesterone menjelang menstruasi.
·                  Mastodinia adalah rasa tegang pada payudara menjelang haid,disebakan oleh dominasi hormone estrogen,sehingga terjadi retensi air dan garam yang di sertai hyperemia di daerah payudara.
·                  Mittlelschmerz (rasa nyeri pada ovulasi ) adalah rasa sakit yang timbul pada wanita saat ovulasi,berlangsung beberapa jam sampai beberapa hari din pertengahan siklus menstruasi.

C.   Faktor penyebab dan factor predisposisi
·         kelainan dalam banyaknya darah dan lamanya pendarahan pada haid
v  factor penyebabnya:hipermenorhea atau menoragia disebabkan Penyebab utama menoragia adalah ketidakseimbangan jumlah estrogen dan progesteron dalam tubuh. Ketidakseimbangan tersebut menyebabkan endometrium terus terbentuk. Ketika tubuh membuang endometrium melalui menstruasi, perdarahan menjadi parah.Menoragia juga bisa disebabkan oleh gangguan tiroid, penyakit darah, dan peradangan/infeksi pada vagina atau leher rahim,komsumsi obatan tertentu
v  factor predisposisinya:
1.Hipoplasia uteri
2.Asthenia terjadi karena tonus otot kurang
3.Myoma uteri disebakan oleh bendungan pembuluh darah,kontraksi otot rahim yang kurang,cavum uteri luas,bendungan pembuluh darah balik.
4.Hipertensi
5.Dekompensio cordis
6.Infeksi,misalnya endometritis,salpingitis
7.Retoffleksi uteri dikarenakan bendumngan pembuluh darah balik
8.Penyakit darah
v  factor penyebabnya Hipomenorhea adalah kesuburan endometrium yang kurang akibat dari kurang gizi,penyakit menahun maupun gangguan hormonal.
·         kelainan siklus :
v  factor penyebabnya:
1. polimenorhea disebabkan gangguan fase luteal,
2.   oligomenorhea disebabkan memanjang  fase folikular ,
3.      amenorhe yang disebabkan kelainan kromosom ,gangguan pada hipotalamus yang berperan sebagai pusat control dan mengatur siklus menstruasi,penyakit pituitary yang merupakan kelenjar di otak yang mengatur siklus menstruasi,kelainan organ reproduksi, struktur vagina yang abnormal yaitu penyumbatan pada vagina yang mencegah keluarnya darah,pubertas terlambat,kegagalan dari fungsi indung telur,tidak tumbuhnya organ rahim dan vagina,gangguan pada susunan saraf pusat,area,
4. bercak di tengah siklus disebabkan oleh penurunan estrogen.
v  Factor predisposisinya:
1.      Gangguan hipofisis
2.      Gangguan uterus dan vagina

·         Pendarahan di luar haid :
v  factor penyebabnya:
metroragi disebabkan  banyak hal. Dokter biasanya memulai dengan memeriksa masalah yang paling umum dalam kelompok usia Anda. Masalah serius seperti fibroid uterus, polip, atau bahkan kanker dapat menjadi sebab perdarahan abnormal.Baik pada remaja maupun wanita menjelang menopause, yaitu perubahan hormone
v  factor predisposisinya:
*      mioma uteri
*      radang di sekitar haid
·         gangguan haid yang ada hubungannya dengan haid :
1.      Dismenorhea disebabkan beberapa factor,tetapi penyebab pastinya belum diketahui,diantaranya:
v  Factor penyebabnya:
*      factor psikis yaitu:orang – orang yang mengalami emosi yang tidak stabil di duga penyebab nyeri menstruasi
*      factor endokrin yaitu karena adanya kontaksi rahim yang berlebihan
*      factor prostaglandin yaitu nyeri menstruasi di akibatkan oleh peningkatan produksi prostaglandin oleh dinding raham saat menstruasi
*      factor hormone dan factor alergi,
v  factor predisposisinya:
*     menstruasi pertama di usia dini (kurang dari 12 tahun)
*   Darah menstruasi yang berjumlah banyak atau masa menstruasi yang panjang
*    Wanita Perokok
*   Adanya riwayat nyeri menstruasi pada keluarga
2.       premenstrual tension atau PMT (ketegangan haid) Disebabkan oleh:
v  Factor penyebabnya:
*      Tidak seimbangnya antara hormone estrogen dan progesterone
*      Perbedaan genetic pada sensivitas reseptor dan system pembawa pesan yang menyampaikan pengeluaran hormone seks dalam sel
*      Gangguan perasaan, factor kejiwaan,masalah social
*      PMT lebih muda terjadi pada wanita yang lebih peka terhadap efek siklus hormone ovarium
v  Factor predisposisinya:
*      Wanita yang pernah melahirkan
*      Diet
*      stress
*      kekurangan zat besi

·         mastodinia
v  factor penyebabnya:oleh dominasi hormone estrogen sehingga terjadi retensi air dan garam yang disertai hyperemia di daerah payudara
·         Dan mittlelschmerz (rasa nyeri pada ovulasi)
v  Factor penyababnya:di sebabkan oleh pecahnya folikel graff lamanya bisa beberapa jam bahkan sampai 2- 3 hari.terkadang di di ikuti oleh pendarahan yang berasal dari proses ovulasi dengan gejala klinik seperti kehamilan ektopik yang pecah.

D.   Pengobatan dari gangguan menarche
pengobatan yang di berikan dari gangguan menarche bermacam – macam tergantung jenis gangguannya,diantaranya :
*      kelainan dalam banyaknya darah dan lamanya pendarahan pada haid:
*      hipermenorhea atau menoragia
pengobatan yang diberikan tergantung pada hasil pemeriksaan,jika ditemukan kelainan organ seperti mioma maka penyebabnya harus di hilangkan,untunk kelainan hormone dapat diberikan progesterone,mengkomsumsi suplemen zat besi,dan pada kasus
*      hipomenorhea
pengobatan yang di berikan tergantung dari hasil pemeriksaan,jika siklus haid tidak menjadi parah,maka tidak perlu di berikan pengobatan apapun,jika karena kelainan hormonal pengobatan dilakukan dengan pemberian terapi hormone yaitu diberikan kombinasi estrogen dan progesterone.
*      kelainan siklus :
*      polimenorhea
pegobatan yang dilakukan pertama – tama ialah mengontrol pendarahan dengan melakukan terapi,yang di maksudkan untuk mencegah pendarahan berulang,mengembalikan kekurangan zat besi dalam tubuh,dan pada umumnya pengobatan ini hanya bersifat sementara.
*      Oligomenorhea
Pengobatan yang diberikan yaitu dengan perbaikan status gizi pada penderita dengan gangguan nutrisi,dilakukan juga dengan menggunakan pil KB untuk mengobati ketidak seimbangan hormonal,terapi hormonal.
*      Amenorhe
Pengobatan yang dilakukan sesuai dengan penyebab dari amenorrhea yang di alami,apabila penyebabnya adalah obesitas,maka diet dan olahraga dalah terapinya.belajar untuk mengatasi stress dan menurunkan aktivitas fisik yang berlebih juga dapat membantu.terapi amenorrhea di klasifikasikan berdasarkan penyebab saluran reproduksi atas dan bawah,penyebab indung telur, dan penyebab susunan saraf pusat.
*    bercak di tengah siklus.
Pengobatan suplementasi zat besi dan anti prostaglandin selama haid,pemberian asam folat,pemberian anti kolagen (pembekuan darah)untuk mengatasi terjadi anemia karena pengeluaran darah yang berlebihan.

*         pendarahan di luar haid :
*      metroragi
pengobatan suplementasi zat besi dan antiprostaglandin selama haid,pemberian asam folat,pemberian anti koagulan (pembekuan darah) untuk mengatasi terjadinya anemia karena pengeluaran darahyang berlebihan.
*      gangguan lain yang ada hubungannya dengan haid
*      Dismenorhea
Para wanita yang terbiasa mengalami nyeri menstruasi,pada umumnya sudah mengetahui tindakan awal ketika nyeri menstruasi datang,kebanyakan  penderita mengobati dirinya sendiri,seperti mengkomsumsi obat – obatan yang meredakan nyeri menstruasi seperti pereda nyeri analgesic,misalnya parasetamol,atau asetamonofen (sumagesic,panadol),asam mefenamat (ponstelax.nichostan),ibu profen (ribunal,novalgin), dll.dapat pula dilakukan dengan pengobatan hormonal untuk menekan  ovulasi tapi penggunaanya hanya atas saran dokter,dan juga cara paling sederhana yaitu menggunakan kompres hangat untuk mengurangi nyeri.
*      premenstrual tension atau PMT (ketegangan haid)
Pengobatan yang diberikan pada penderita berupa terapi yaitu melakukan olahraga,melakukan perubahan diet (tampa garam, kopi, alcohol)hindari stress,perbanyak makanan yang mengandung zat besi,komsumsi makanan berserat dan banyak minum air putih,mengkomsumsi anti despirant,bila perlu menekan fungsi ovulasi dengan kontrasepsi oral
*      mastodinia
pengobatan tergantung penyebabnya,jika tidak ada penyakit yang spesifik tetapi rasa sakit masih menyiksa,sebaiknya diberikan pengobatan anti imflamasi (ibu profen,indomentasin),dapat pula di berikan asam lemak jenuh ganda dari minyak primrose,berikan vitamin B6 dan vit. E,Jika masih berlanjut dan disertai penyakit,segera rujuk ke fasilitas yang lebih lengkap.



*       Dan mittlelschmerz (rasa nyeri pada ovulasi)
Jika nyeri tidak berbahaya dan tidak menandakan adanya penyakit,maka perawatan yang di berikan hanya biasa saja,hanya dilakukan pemberian  obat penghilang nyeri (analgesic),dan bila rasa nyerinya berkepanjangan dapat di berikan kontrasepsi hormonal untuk mencegah ovulasi dan rasa sakit karena ovulasi.

E.   Konsep / Cara penaggulangannya
Cara cara penanggulangan dari masalah macam – macam  gangguan menstruasi hampir sama,kuncinya dalah pola hidup yang sehat,tetapi bisa juga dilakukan dengan:
1.      Menjaga kebersihan diri,terutama alat – alat genitalia
2.      melakukan pemeriksaan fisik terhadap kelenjar tyroid an vagina
3.      pemeriksaan laboratorium,seperti pemeriksaan darah,tes kehamilan,fungsi tyroid,dan fungsi hati atau pemeriksaan hormonal.agar segera bisa dilakukan deteksi dini apabila ditemukan keluhan disertai penyakit yang berbahaya.
4.      rajin melakukan olah raga
5.      diet untuk menurunkan obesitas
6.      tidur atau istirahat yang cukup selama masa menstruasi
7.      belajar untuk mengurangi stress dan aktivitas fisik yang berat.
8.      Tindakan memperbaiki kesehatan seperti perbaikan gizi, kehidupan yang sehat dan tenang.
9.      Lakukan terapi,tetapi hanya di khususkan wanita – wanita muda yang mengeluh tentang infertilitas,atau yang mengeluh dengan tidak datangnnya menstruasi.















                                
BAB  III
PENUTUP
                  Setelah Kelompok menyelesaikan makalah ini,maka melalui bab ini , penulis menarik kesimpulan dan saran sebagai berikut :
A.   KESIMPULAN
Menarche merupakan pertanda adanya suatu perubahan status social dari anak – anak ke dewasa.yang terjadi pada usia 12 – 15 tahun,yang terus berlanjut samp[ai umur sekitar 45 – 50 tahun.menarche suatu tanda yang penting bagi seorang wanita yang menunjukan adanya produksi hormone yang di buat oleh hipotalamus dan juga di teruskan pada ovarium dan uterus,selama sekitar 2 tahun hormon’’ ini akan merangsang pertumbuhan tanda –tanda seks sekunder seperti payudara,perubahan – perubahan kulit,perubahan siklus,pertumbuhan rambut ketiak dan rambut pubis serta bentuk tubuh menjadi bentuk tubuh wanita ideal.
adapun beberapa ganguan dalam  haid dalam masa reproduksi ialah:
1. kelaianan dalam banyaknya darah dan lamanya pendarahan pada haid:hipermenorhea atau menoragia dan hipomenorhea
2.   kelaianan siklus :polimenorhea,oligomenorhea,amenorhe
3.   Pendarahan di luar haid :metroragia
4.  gangguan lain  yang ada hubungannya dengan haid :premenstrual tension (ketegangan haid),mastodinia mittlelschmerz (rasa nyeri pada ovulasi) dan dismenorhea
B.   SARAN
Dari pembahasan materi kami yang berjudul,gangguan dalam menstruasi kami selaku kelompok menyarankan kepada pembaca,untuk memperbaiki pola hidup tetuma masalah pemenuhan nutrisi,status gizi,personal hygiene karena banyak dari gangguan menstruasi belum diketahui secara pasti penyebabnya,bila perlu lakukan pemerisaan diri untuk mendeteksi adanya kelainan,karena mencegah lebih baik dari pada mengobati.











BAB IV
                               DAFTAR PUSTAKA        

1.      Atikah,proverawati.,SKM.,MPH.,2009.,Menarche,Menstruasi pertama penuh makna ,Nuha Medika.Bantul.Jogjakarta
2.    Joseph,HK.,2010.catatan Kuliah ginekologi dan obstetri.,Nuha Medika.,Jogjakarta.
3.    Anonim. Dokumen dokter Gangguan menstruasi .,2010, terdapat dalam www.macam - macam gangguan menstruasi.com di akses tanggal 18 oktober 2011

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar