Kamis, 08 Desember 2011

haid yang menggumpal

HAID MENGGUMPAL PERTANDA PENYAKIT?

Jumlah darah, bahkan warna dan konsistensi darah haid setiap siklus dapat bervariasi, dan hal tersebut lebih sering hal yang biasa/normal.

Dalam siklus haid, lapisan endometrium (dinding bagian dalam rahim) menebal dan pada saat menstruasi dikelupaskan bersama dengan darah haid. Jumlahnya sekitar 30 - 80 ml setiap siklus.

Banyak wanita yang haidnya mengandung gumpalan darah, gumpalan darah dapat berwarna merah terang atau merah gelap kehitaman dan biasanya keluar pada saat darah haid terbanyak.

Bila gumpalan- gumpalan darahnya banyak, darah haid akan terlihat lebih gelap warnanya. Sesekali mendapat haid dengan darah yang bergumpal tidak harus menjadikan rasa khawatir berlebihan, namun apabila terlalu lama/ setiap siklus, maka keadaan anemi (kurang darah) dapat terjadi.

Tubuh kita mengeluarkan antikoagulan yang menyebabkan darah haid tidak bergumpal, namun apabila darah haid sangat banyak dan cepat keluarnya, antikoagulan tidak sempat berfungsi dan darah haid akan bergumpal

Kadang-kadang gumpalan darah menunjukkan hal yang patologis (diakibatkanj oleh suatu penyakit/ keadaan yang tidak normal), antara lain:

1. Keguguran, sering seorang wanita tidak menyadari terlambat haid, dan ada diantaranya yang keguguran. Biasanya darah bergumpal dan mengandung jaringan. Saat keluarnya gumpalan darah bersama jaringan akan terasa nyeri.

2. Tumor jinak rahim (mioma uteri), yang letaknya di dalam rahim dan menyebabkan permukaan endometrium lebih luas sering menyebabkan darah haid lebih banyak, bergumpal dan nyeri.

3. Adenomiosis, perubahan patologis pada otot rahim yang menyebabkan rahim membesar dan kontraksi otot rahim terganggu.

4. Infeksi kandungan, lebih sering menyebabkan haid yang tidak teratur dan lebih lama.

5. Gangguan hormonal, dapat terjadi kapan saja selama kurun reproduksi wanita, namun lebih sering pada usia sekitar menopause, perubahan berat badan yang drastis/mendadak, efek samping pengobatan terutama steroid.

6. Obstruksi aliran darah haid, sehingga darah bergumpal sebelum keluar, misalnya terdapat polip pada leher/mulut rahim, atau infeksi sang menyebabkan sumbatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar